Laptop Tenaga Surya Pertama Di Dunia

Bookmark and Share

Sebuah Perusahaan asal Spanyol, iUnika, memperlihatkan empat netbook terbaru mereka pada ajang LibreMeeting di Madrid yang disponsori oleh Free Knowledge Foundation. Dua dari Empat netbook tersebut super ramah lingkungan karena mendukung panel surya yang terbuat dari bahan bio plastik.

Netbook yang ramah lingkungan tersebut dijual seharga 130 Euro sampai 160 Eoro atau sekitar $US180 sampai $US220 dengan berat 700 gram. Netbook ini menggunakan Sistem Operasi Linux dengan prosesor 400Mhz.

Perusahaan iUnika juga menempatkan memori flash 64 Gb sebagai media penyimpanan dengan 128 Mb RAM dan dilengkapi WiFi untuk konektivitas. Netbok yang hanya berlayar 8 inci ini mampu mendukung resolusi 800x400 pixel.


Meski menggunakan panel surya pada chasing berbahan bio plastik yang dapat di daur ulang, tampak dari gambar panel tersebut tidak mencukupi untuk memproduksi daya lebih dari 4 watt. Dengan konsumsi daya sekitar 3-4 Watt, kemungkinan besar panel surya tersebut hanya cukup untuk menyimpan data sesaat setelah baterai habis dan melakukan shutdown dengan sendirinya. Walaupun begitu, usaha membuat netbook ramah lingkungan dengan panel surya tersebut patut diacungi jempol.

Semoga Ilmu pengetahuan yang makin berkembang ini menjadikan hidup lebih mudah dan makin banyak kesempatan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Amiin.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

 

Follow Me!